Kuliner : Oseng Daun Ubi Tumbuk

 Oseng Daun Ubi Tumbuk
 Kuliner ini jamak ditemukan di daerah pedesan di Kalimantan. Penulis telah mencoba dan mencicipi kuliner khas ini. Untuk itu penulis ingin berbagi tentang kuliner unik yang mungkin jarang ditemukan di kota-kota besar. Nama kuliner ini yaitu Oseng Daun Ubi Tumbuk. Berikut cara membuatnya, pertama ambilah daun pucuk ubi muda yang segar secukupnya. Kemudian petik daunnya dari tangkainya, lalu bersihkan di air yang mengalir. 
Setelah itu daun ubi/singkong ditumbuk dengan cowek (alat penumbuk). Tumbuklah daun singkong sedikit demi sedikit lalu angkat setiap hasil tumbukan tersebut hingga semua daun ubi/singkong habis ditumbuk. Angkat dan pindahkan pada tempat atau wadah baskom.Untuk bumbu siapkan dua siung bawang putih, 2 buah cabe merah besar, dua batang serai dan lengkuas. Bawang putih diiris,cabe merah dipotong miring, lengkuas dan serai di geprek. 
Siapkan wajan lalu masukan minyak sayur secukupnya. Lalu masukan bawang putih, cabe merah, dan lengkuas serta serai. Jika sudah harum masukan daun ubi tumbuknya. Jika berselera anda bisa menambahkan ikan teri atau udang ebi. Hidangan ini lebih nikmat dinikmati dengan nasi yang masih hangat dan pulen. Selamat mencoba


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ular Tanah yang sangat kecil